Prabowo Subianto Welcomes Chinese Foreign Minister, Congratulated as President-Elect with the Highest Votes in History

by -55 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan dan presiden terpilih, Prabowo Subianto, menyambut kunjungan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) di Jakarta pada hari Kamis, 18 April.

Wang Yi, beserta delegasinya, tiba sekitar pukul 10.58 WIB. Prabowo menyambutnya di depan gedung Kemhan. Keduanya kemudian berjabat tangan dan masuk ke dalam gedung.

“Ini adalah suatu kehormatan bagi saya hari ini menerima kunjungannya. Terima kasih atas sambutan yang hangat; saya juga disambut baik di Beijing beberapa minggu yang lalu,” kata Prabowo.

Sebelum bertemu dengan Wang Yi di Jakarta, Prabowo telah bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping; Perdana Menteri Tiongkok, Li Qiang; dan Menteri Pertahanan Tiongkok, China Dong Jun, selama kunjungan resmi di Beijing pada awal April 2024.

Pertemuan antara Prabowo dan Wang Yi diadakan secara privat. Mereka membahas beberapa area kerjasama pertahanan, termasuk pendidikan, pelatihan bersama, dan industri pertahanan.

Indonesia dan Tiongkok adalah mitra yang erat dengan banyak kerja sama bilateral. Di sektor pertahanan, kedua negara telah memiliki kerjasama yang berkelanjutan dalam bidang pendidikan dan pelatihan sejak tahun 1970-an.

Kerjasama pendidikan ini terus berlanjut hingga saat ini. Beberapa personel pertahanan Indonesia saat ini sedang menempuh pendidikan di Tiongkok, sementara beberapa prajurit dari negara Tirai Bambu juga mengikuti pendidikan militer di Indonesia.

Selama pertemuan, Wang Yi menyatakan rasa terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Prabowo. Selain membahas hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok, Wang Yi juga mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangannya dalam pemilihan presiden 2024.

“Sekali lagi, izinkan saya mengucapkan selamat kepada Yang Mulia, terpilih sebagai presiden Republik Indonesia dengan jumlah suara tertinggi dalam sejarah pemilihan Indonesia,” kata Wang Yi.

Menteri Luar Negeri Tiongkok menyatakan bahwa meskipun membangun bangsa yang besar adalah tugas berat, ia yakin Indonesia akan maju di bawah kepemimpinan Prabowo.

“Saya yakin Yang Mulia akan memikul tugas penting untuk memimpin Indonesia menuju pembangunan dan kebangkitan nasional, membawa masa depan yang lebih cerah di bawah kepemimpinan Anda,” ujar Wang Yi.

Source link