Prabowo Berencana Membangun Tol Trans Sumatera Agar Palembang-Jambi Terhubung Tahun 2025

by -88 Views

Tol Kayuagung – Palembang – Betung (Kapalbetung) di Sumatera Selatan ditargetkan selesai pada awal tahun depan. Tol ini sepanjang 112 kilometer adalah bagian dari backbone Tol Trans Sumatera.

Tol ini sudah beroperasi sebagian, dengan ruas Kayuagung – Palembang/Kramasan sepanjang 43 kilometer dioperasikan sejak April 2020. Ruas Palembang/Kramasan – Pangkalan Balai sepanjang 55 kilometer sedang dalam tahap konstruksi dengan progres 75%, sedangkan sisanya dari Pangkalan Balai – Betung sepanjang 15 kilometer dalam tahap pengadaan tanah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut bahwa tol ini akan segera selesai berkat percepatan dalam penyelesaiannya. Diharapkan seluruh ruas tol akan selesai pada awal 2025.

Pembebasan lahan untuk tol Kapalbetung juga hampir rampung. Dikelola oleh PT Waskita Sriwijaya Tol, tol ini akan melintasi 3 Kabupaten serta Kota Palembang dan memiliki biaya investasi sebesar Rp22,16 Triliun.

Setelah selesai, rencananya akan dilanjutkan dengan konstruksi Tol Betung – Tempino – Jambi dengan komposisi beberapa seksi. Pekerjaan konstruksi sudah dimulai dan diharapkan tol ini dapat selesai pada akhir 2025.