Kapan Indonesia Dapat Bantuan Jerman dalam Membangun Kapal Selam Canggih?

by -55 Views

Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) meluncurkan kapal selam kelas Invincible keempat yang diberi nama Inimitable pada Senin (22 April 2024. Peresmian kapal tersebut dilakukan di galangan kapal Thyssenkrupp, Jerman.

Menteri Senior Teo Chee Hean menjadi yang meresmikan upacara peluncuran dan kapal selam tersebut diluncurkan oleh sponsor wanita, yaitu saudari perempuan Teo, Teo Swee Lian, mengikuti tradisi angkatan laut.

Upacara tersebut dihadiri oleh Menteri Pertahanan Federal Boris Pistorius, Menteri Senior Negara Pertahanan Heng Chee How, Kepala Wakil Laksamana Angkatan Laut Jerman Jan Christian Kaack, Kepala Staf Angkatan Laut RSN Laksamana Muda Sean Wat, CEO Thyssenkrupp Marine System Oliver Burkhard, dan pejabat pertahanan senior dari kedua negara.

Teo mengatakan, “Dengan bantuan teman-teman Jerman kami, kami telah mengirimkan kapal selam khas Singapura, yang khusus disesuaikan untuk perairan kami, dan dilengkapi dengan sistem digital canggih untuk memenuhi kebutuhan misi dan operasional kami.” Ia juga menjelaskan bahwa Singapura merupakan titik fokus rute pelayaran internasional.

Kapal selam kelas Invincible disesuaikan untuk operasi di wilayah tropis Singapura yang dangkal dan sibuk. Kapal ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti kemudi buritan berbentuk X, sistem propulsi berbasis teknologi sel bahan bakar, dan kemampuan membawa delapan tabung torpedo.

Setiap kapal selam ini diawaki oleh 28 awak dan dibuat dengan konsol operator yang disesuaikan dengan postur tubuh personel RSN. Total ada empat kapal selam kelas Invincible yang telah diluncurkan oleh RSN sejak tahun 2019.

Dengan peluncuran kapal selam Inimitable, diharapkan Angkatan Laut Republik Singapura semakin meningkatkan kemampuannya dalam melindungi jalur komunikasi laut di kawasan tersebut.