Memperingati Hari Kartini, Acil Odah memimpin gerakan “Perempuan Menanam Ribuan Pohon” di Kalimantan Selatan

by -82 Views

Merangkai Harapan: Acil Odah dan Gerakan ‘Perempuan Menanam Ribuan Pohon’ dalam Peringatan Hari Kartini di Kalsel

Banjarbaru – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Hj. Raudatul Jannah memimpin gerakan Perempuan Menanam dalam rangka memperingati Hari Kartini 2024 di kawasan Hutan Tropis Perkantoran Gubernur Kalsel di Banjarbaru pada Senin (22/4).

Dengan berbusana adat atau kebaya, Acil Odah mengajak ribuan perempuan, termasuk ASN/Non ASN, organisasi wanita, pelajar, mahasiswi, dan forkopimda lainnya untuk menanam sekitar 4.000 bibit pohon.

“Jangan hanya bisa berbicara, tetapi kita juga bisa berbuat di Kalsel,” ujar Acil Odah yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

Aksi yang bertema “Perempuan Menanam” ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) serta Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2024.

Acil Odah dihadiri oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, kepala SKPD, perwakilan dari Kementerian LHK, perbankan, dan perguruan tinggi di Kalsel.

Sebelum melakukan penanaman bersama, Acil Odah dan Paman Birin melepas 300 ekor burung perkutut, tekukur, dan keruang di lokasi yang sama.

Setelah penanaman, Paman Birin dan Acil Odah berinteraksi dengan peserta penanaman pohon, termasuk kelompok wanita seperti Acil Jukung, Acil Kambang, dan Acil Sadap.

Acil Odah berharap pohon-pohon yang ditanam akan tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan manusia. Dia menjelaskan bahwa Hari Kartini adalah hari istimewa yang diperingati setiap tahun untuk memotivasi diri dalam perjuangan di zaman sekarang.

“Meskipun kesetaraan gender terus diperjuangkan, para perempuan tetap diingatkan akan tugas mereka sebagai ibu dan istri yang harus taat pada suami,” katanya.

Acil Odah menekankan bahwa penanaman pohon dalam peringatan Hari Kartini dilakukan karena pentingnya suplai oksigen dan penyerapan karbon dioksida untuk mendukung populasi yang semakin meningkat.

“Tidak hanya itu, dalam ajaran agama Islam, menanam pohon juga memiliki nilai ibadah karena pohon dapat dimanfaatkan oleh manusia dan hewan,” tambahnya.

Paman Birin menyatakan bahwa memperingati Hari Kartini berarti menghormati sejarah perjuangan seorang wanita seperti RA Kartini yang memiliki semangat kepahlawanan.

“Semoga perempuan dapat terus menghormati nama Banua di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Paman Birin juga membagikan pengalaman pribadinya saat kecil dan perjuangan ibunya dalam menghidupi sembilan anaknya setelah cerai dengan sang ayah.

Ketua Panitia pelaksana yang juga Plt Kepala DPPKA Kalsel, Fathimatuzzahra, menyebutkan bahwa lebih dari 2.500 perempuan terlibat dalam kegiatan menanam 4.000 bibit pohon ekaliptus di berbagai lokasi di Kalsel.

Kegiatan ini juga melibatkan lomba-lomba dan penyerahan penghargaan kepada perempuan berprestasi di Kalsel. Selain itu, terdapat juga lomba merangkai bunga dan pantun yang diikuti oleh para peserta yang mengenakan pakaian tradisional perempuan Banjar.

Sumber: https://www.alinea.id/daerah/peringati-hari-kartini-acil-odah-pimpin-gerakan-perempuan-menanam-ribuan-pohon-di-kalsel-b2k5m9POq

Source link