Media Malaysia Melaporkan Timnas Indonesia Mengalahkan Korea, Sebagai Teladan bagi Timnas Lainnya

by -49 Views

Dua media asal Malaysia, Makan Bola dan Semuanya Bola, menyoroti kemenangan Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia U-23. Sebelumnya Jumat (26/4/2024) dini hari, Timnas mengalahkan Korea Selatan (Korsel) di babak perempat final Piala Asia U-23.

Media Semuanya Bola melaporkan hal ini melalui artikel berjudul ‘Piala Asia B-23: Rekod Bersih 40 Tahun Korea Selatan Lebur Di Tangan Indonesia’. Dilaporkan bagaimana untuk pertama kalinya Indonesia berhasil lolos ke semifinal turnamen itu.

“Untuk pertama kalinya Sang Garuda berhasil lolos ke babak semifinal setelah sukses mengalahkan Korea Selatan U-23 pada babak semifinal turnamen di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Qatar,” demikian laporan media tersebut.

“Pada laga tersebut, Indonesia berhasil merebut satu slot ke babak semifinal dengan membukukan kemenangan di adu penalti dengan hasil 11-10 setelah masing-masing bermain imbang 2-2 di laga sebenarnya,” katanya.

Media ini juga menyebutkan rekor bersih Korsel selama 40 tahun ke pentas Olimpiade harus dijegal oleh Indonesia. Digunakan kata-kata seperti Indonesia merusak “sejarah”.

“Tradisi mereka yang selalu lolos ke pentas olimpiade akhirnya dirusak oleh Indonesia dan tentunya akan tercatat dalam sejarah sepak bola tanah air di kalangan pecinta sepak bola di sana,” tambah media tersebut.

Sementara media Makan Bola menyoroti bagaimana Malaysia harus mencontoh Indonesia. Ini terlihat dalam melalui artike berjudul ‘Indonesia Dominasi Perlawanan Tewaskan Korea, Malaysia Wajar Contohi Jiran’.

“Berdasarkan statistik pertandingan AFC kemarin, Indonesia berhasil melancarkan 21 percobaan dengan 5 diantaranya tepat sasaran sedangkan lawan hanya mencatatkan dua percobaan akurat sepanjang 120 menit,” lapor media tersebut.

“Sang Garuda menguasai 53 persen pertandingan dan hanya mengoleksi dua kartu kuning dengan Taeguk Warriors dihukum tiga kartu kuning dan satu kartu merah,” tambahnya.

“Keberhasilan wakil Asia Tenggara ini patut menjadi pembelajaran bermanfaat bagi Malaysia yang harus menelan kenyataan saat terdampar di babak penyisihan grup. Sebelumnya, Indonesia juga berhasil mengalahkan Yordania dan Australia di babak penyisihan grup sebelum mengejutkan Korea Selatan,” jelasnya.