Houthi Menyerang Kapal Israel Setelah Rafah Diserang

by -47 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Kelompok Houthi Yaman mengklaim telah meluncurkan serangan terhadap dua kapal di Teluk Aden dan satu di Samudra Hindia.

Kapal MSC Diego dan MSC Gina diserang dengan rudal balistik dan drone di Teluk Aden. Hal ini diungkapkan oleh juru bicara Houthi, Yahya Saree.

Saree mengklaim bahwa serangan terhadap kapal-kapal di Teluk Aden berasal dari Israel. Namun, ia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang klaim tersebut.

Di sisi lain, Pusat Informasi Maritim Gabungan yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa dua serangan rudal terjadi pada hari Selasa awal pekan ini.

Pasukan Israel telah mulai menempatkan tim untuk menyerang Rafah pada Senin pekan ini.

Diketahui bahwa tidak ada kapal yang terkena serangan dan awak kapal selamat. Pusat informasi ini juga mengatakan bahwa kapal-kapal tersebut kemungkinan menjadi sasaran karena dianggap berhubungan dengan Israel.

Kedua kapal tersebut adalah kapal kontainer bendera Panama yang beroperasi untuk perusahaan berbasis di Jenewa.

Houthi juga mengakui menyerang kapal kontainer ketiga, yaitu MSC Vittoria, di Samudra Hindia.

Saree juga memperingatkan bahwa kelompok tersebut akan menargetkan kapal-kapal yang menuju pelabuhan Israel di mana pun yang dapat mereka capai. Houthi mengatakan bahwa keputusan tersebut akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

[Gambas:Video CNBC]

(fab/fab)