Pasukan Putin berhasil menembus Benteng Ukraina di Kharkiv, Zelensky khawatir

by -42 Views

Pasukan Rusia melakukan serangan darat di Kharkiv, Ukraina pada Jumat (10/5/2024), membuka front baru dalam perang yang telah berlangsung lama di bagian Timur dan Selatan. Rusia juga melakukan serangan udara dan artileri terhadap kota perbatasan Vovchansk.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, menyatakan bahwa Rusia telah memulai gelombang serangan baru ke arah tersebut. Ukraina telah memperingatkan tentang penumpukan pasukan Rusia di wilayah tersebut yang berpotensi menandakan persiapan serangan atau taktik pengalihan pasukan Ukraina yang jumlahnya terlalu banyak.

Staf Umum Ukraina menyatakan bahwa Rusia juga membangun pasukan di utara Kharkiv dekat Sumy dan sebagian Chernihiv. Zelenskiy menyatakan bahwa Rusia kemungkinan sedang mempersiapkan serangan besar-besaran pada musim semi atau musim panas ini.

Kementerian Pertahanan Ukraina melaporkan bahwa Rusia melancarkan serangan sekitar pukul 5 pagi dan pertempuran terus berlangsung hingga larut malam. Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat telah berkoordinasi erat dengan Ukraina dalam menghadapi serangan Rusia di Kharkiv.

Pejabat Ukraina tidak yakin Rusia memiliki kapasitas pasukan untuk merebut kota Kharkiv yang dihuni 1,3 juta orang. Juru bicara militer Ukraina, Nazar Voloshyn, menyatakan bahwa pertempuran masih berlanjut dan situasinya dinamis. Operasi Rusia bertujuan untuk menarik pasukan ke Kharkiv dari timur.