CITIC Environment Mendorong Pengembangan Industri Berbasis Lingkungan

by -57 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Grup Konglomerat China, CITIC Environment secara proaktif berintegrasi ke dalam kerangka kerja pembangunan regional Tiongkok dan inisiatif Belt and Road global serta memberikan kontribusi konstruktif terhadap konservasi ekologi dan pembangunan berkelanjutan di berbagai negara.

Group Deputy General Manager of CITIC Environment Investment Wang Song menuturkan, dengan memanfaatkan keunggulan khas CITIC Group yang menggabungkan industri dan keuangan, menawarkan portofolio bisnis yang terdiversifikasi, dan mempertahankan jejak global, CITIC Environment memprioritaskan tanggung jawab dan sektor utamanya.

“CITIC Environment terus memperluas jejaknya di berbagai segmen pasar perlindungan ekologi dan lingkungan,” ujar dia dalam program Evening Up CNBC Indonesia, dikutip Jumat (25/4/2024).

Adapun langkah-langkah utama yang dilakukan untuk memajukan dan mengimplementasikan kebijakan Belt and Road Initiative tersebut. Pertama, berpartisipasi aktif dalam proyek-proyek perlindungan ekologi dan lingkungan setempat, CITIC Environment berfokus pada pembangunan fasilitas perlindungan ekologi dan lingkungan seperti pengolahan limbah, pasokan air, dan pengolahan limbah.

CITIC Environment juga melaksanakan proyek-proyek industri lingkungan di negara-negara di sepanjang Belt and Road, memberikan kontribusi positif terhadap perlindungan lingkungan lokal sambil mengembangkan dan memperluas bisnisnya sendiri.

Kedua, kolaborasi dan transfer teknologi, dalam hal ini berpartisipasi untuk kemitraan teknologi dan pertukaran pengetahuan dengan perusahaan lingkungan di sepanjang Belt and Road, secara kolektif mengatasi tantangan tata kelola dan perlindungan lingkungan, dan meningkatkan kapasitas pengelolaan lingkungan setempat.

Ketiga, pelatihan dan pertukaran personel, secara aktif menyelenggarakan pelatihan untuk para ahli lingkungan dan tenaga teknis, memberikan teknologi dan pengalaman lingkungan kepada negara-negara dan wilayah di sepanjang Sabuk dan Jalan, serta mengirimkan tim ahli ke negara-negara tersebut untuk pertukaran dan kerja sama teknis.

Keempat, keterlibatan dalam perumusan kebijakan dan advokasi, yakni terlibat secara aktif dalam membentuk dan mempromosikan kebijakan lingkungan di negara-negara Belt and Road, memajukan penyebaran prinsip-prinsip konservasi lingkungan, dan mendorong kerja sama dan dialog lingkungan antar wilayah.

Di samping itu, pada ajang World Water Forum ke-10, CITIC Environment mengusung pameran dengan tema “Nasib Bersama, Kemakmuran Bersama – Menciptakan Dunia yang Indah dengan Hidup Berdampingan yang Harmonis antara Manusia dan Alam”. Menurut dia, “Kemakmuran Bersama” adalah esensi merek CITIC, yang selaras dengan tema “Kemakmuran Bersama atas Air” pada konferensi ini.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan negara-negara di seluruh dunia untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan baru dalam menciptakan dunia yang indah bersama-sama,” kata dia.

Sebagai platform eksklusif CITIC Group untuk investasi, konstruksi, dan operasi dalam perlindungan lingkungan ekologis, CITIC Environment telah mendedikasikan 70 tahun untuk pelestarian sumber daya air, pengelolaan lingkungan air, dan restorasi ekosistem air. Selama ini, kami telah mengumpulkan keahlian yang luas dalam teknologi, operasi, dan bakat. Pada pameran ini, CITIC akan memamerkan teknologi mutakhir untuk mengelola dan melindungi sumber daya air, yang menampilkan solusi inovatif untuk pengolahan dan daur ulang air.

“Kami juga akan menyoroti kasus-kasus teladan pengelolaan lingkungan air yang komprehensif, yang diambil dari pengalaman di badan air yang terkenal seperti Sungai Lianiang di Tiongkok dan Danau Dianchi di Yunnan. Selain itu, kami akan menunjukkan upaya dan inisiatif ekologis kami di sepanjang Belt and Road, yang selaras dengan visi membangun ‘Jalur Sutra Hijau’,” imbuhnya.

Terakhir, CITIC akan memperkenalkan “Manajemen Air Cerdas,” sebuah produk teknologi informasi generasi mendatang, yang memungkinkan pengawasan cerdas atas seluruh siklus hidup air, sehingga membuat sistem air perkotaan lebih transparan, dapat dikontrol, dan dapat dilacak.

CITIC Environment selalu mencari solusi modern untuk hidup berdampingan secara harmonis antara manusia dan alam untuk mengatasi tantangan global seperti kelangkaan air dan polusi air. Sebagai peserta penting dalam World Water Forum, CITIC akan memanfaatkan platform internasional ini untuk kerja sama dan pertukaran untuk memperkuat komunikasi dan kolaborasi yang mendalam dengan pemerintah, perusahaan, dan lembaga penelitian dari berbagai negara.

“Kami bertujuan untuk menyumbangkan kebijaksanaan dan kekuatan untuk pembangunan dunia yang indah dan realisasi pembangunan hijau. Sebagai grup industri lingkungan, peran apa yang telah Anda mainkan dalam tujuan ‘nasib bersama, kemakmuran bersama,’ dan eksplorasi ekologi dan lingkungan apa yang telah Anda lakukan?,” kata dia.

Sebagai grup industri lingkungan internasional, CITIC Environment selalu bekerja sama dengan para mitra untuk secara aktif mempraktikkan konsep “nasib bersama, kemakmuran bersama.” Dalam hal ini, CITIC berusaha keras untuk mempromosikan koeksistensi yang harmonis antara manusia dan alam, bersama-sama mengejar pembangunan peradaban ekologis, dan memberikan kebijaksanaan dan solusi CITIC untuk membangun bumi yang indah.

Pertama, integrasi rantai industri ekologi: CITIC Environment telah membentuk rantai industri ekologi lengkap yang mencakup penilaian lingkungan, penelitian dan pengembangan teknologi, konstruksi teknik, dan manajemen operasi melalui integrasi rantai industri ekologi. Hal ini menjadi dasar untuk menyediakan solusi lingkungan ekologis yang komprehensif.

Kedua, inovasi dan aplikasi teknologi: CITIC Environment berkomitmen pada inovasi teknologi, terus mengembangkan dan menerapkan teknologi perlindungan lingkungan yang canggih di berbagai bidang seperti pengolahan air, pengolahan limbah, dan pemanfaatan sumber daya. Sebagai contoh, teknologi membran MBR yang dikembangkan secara independen oleh CITIC Environment telah diterapkan di beberapa proyek di luar negeri, seperti proyek penggunaan kembali air yang dihasilkan ladang minyak KBM di Kazakhstan, yang menyediakan cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas lingkungan setempat.

Ketiga, kerja sama dan pertukaran internasional: CITIC Environment secara aktif terlibat dalam kerja sama dan pertukaran internasional, berkolaborasi dengan organisasi lingkungan, bisnis, dan pemerintah di seluruh dunia dalam proyek-proyek kerja sama. Melalui berbagi pengalaman, teknologi, dan sumber daya, CITIC Environment bekerja secara kolaboratif untuk mengatasi tantangan lingkungan global.

Keempat, advokasi dan promosi peradaban ekologis: CITIC Environment mengadvokasi konsep peradaban ekologis melalui berbagai kegiatan lingkungan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya perlindungan lingkungan. Dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan lingkungan, CITIC Environment mendorong keterlibatan masyarakat dalam aksi lingkungan.

“Sebagai contoh, anak perusahaan kami, CITIC Envirotech telah menyelenggarakan sekitar 300 kegiatan kesejahteraan masyarakat lingkungan ‘Pemeriksaan Kesehatan Sungai Kecil’ secara nasional selama delapan tahun berturut-turut. Kegiatan-kegiatan ini mengundang masyarakat umum, khususnya para pelajar, ke lokasi proyek untuk mempromosikan pengetahuan lingkungan hidup, sehingga menghasilkan tanggapan sosial yang positif,” terangnya.

Kelima, investasi pembangunan berkelanjutan: CITIC Environment memprioritaskan pembangunan berkelanjutan dalam proyek-proyek investasinya, dengan fokus tidak hanya pada manfaat ekonomi tetapi juga pada manfaat sosial dan lingkungan. Dengan berinvestasi dalam proyek-proyek lingkungan, CITIC Environment bertujuan untuk membawa dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

[Gambas:Video CNBC]

(dpu/dpu)