Bappebti Bersihkan Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal dengan Pemblokiran Situs

by -81 Views

Bappebti blokir perdagangan berjangka ilegal di 1.855 situs web

INFO NASIONAL – Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah melakukan pemblokiran 1.855 situs web yang melakukan kegiatan perdagangan berjangka komoditi ilegal sepanjang tahun 2023. Tindakan ini dilakukan untuk melindungi masyarakat dan memberikan kepastian hukum.

“Perdagangan aset berjangka ilegal masih marak terjadi di Indonesia melalui berbagai media. Masyarakat diminta untuk waspada terhadap penawaran ilegal,” ujar Plt. Kepala Bappebti Kasan.

Kasan menjelaskan bahwa Bappebti terus berupaya agar masyarakat terhindar dari kerugian perdagangan berjangka ilegal. Masyarakat juga diimbau untuk melaporkan kegiatan ilegal tersebut kepada Bappebti.

“Kolaborasi antara Bappebti dan masyarakat sangat penting dalam memberantas kegiatan ilegal di bidang perdagangan berjangka. Semakin banyak kolaborasi yang dibangun, semakin baik upaya pemberantasan kegiatan ilegal ini,” jelas Kasan.

Aldison menegaskan bahwa setiap entitas yang melakukan perdagangan berjangka di Indonesia harus memiliki izin dari Bappebti dan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Entitas ilegal harus mendapatkan izin sebelum melakukan kegiatan usaha di Indonesia. Bappebti akan mengambil langkah hukum jika entitas tersebut melanggar aturan,” tegas Aldison.

Situs web perdagangan berjangka ilegal yang telah diblokir dapat diurus kembali jika pemilik situs tersebut berkomitmen untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Hal ini dilakukan untuk memastikan iklim persaingan usaha yang sehat di bidang perdagangan berjangka.

“Pastikan legalitas perusahaan sebelum bertransaksi untuk menghindari penawaran ilegal. Cek profil dan legalitas pelaku usaha di bidang perdagangan berjangka melalui situs web resmi Bappebti,” pungkas Aldison.

Sumber: Bappebti Blokir 1.855 Situs Internet Entitas Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal
Sumber: Bappebti blokir perdagangan berjangka ilegal