Jokowi Menghadiri Peresmian Proyek Anti Banjir Megah di IKN dengan Anggaran Rp 836 Miliar

by -57 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (4/6/2024). Bendungan ini dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp 836 miliar.

Pada peresmian itu, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan pejabat terkait.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, saya resmikan bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan bendungan ini memiliki daya tampung 16 juta meter kubik dengan luas genangan 332 hektare, yang menjadi sumber air baku untuk Ibu Kota Nusantara dan kota Balikpapan.

Mengutip keterangan Kementerian PUPR kapasitas air baku yang bisa disediakan 2.000 liter per detik dan Balikpapan 500 meter per detik.
Tidak hanya untuk penyediaan air minum, diketahui bendungan ini juga berfungsi sebagai peredam bencana banjir. Kemampuan reduksi banjir bendungan ini mencapai 232 meter kubik per detik atau sebesar 55% untuk kawasan IKN dan kecamatan Sepaku.