Prabowo Subianto Beri Bantuan Sumber Air Bersih di Gunungkidul: Panen Bisa 3 Kali dari Sebelumnya 1 Kali

by -47 Views

Gungungkidul – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melakukan peninjauan terhadap pemasangan bantuan pipa air bersih di Kalurahan Banyusoco, Playen, Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada hari Senin (3/6).

Bantuan tersebut berasal dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dan Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk membantu masyarakat yang mengalami krisis air bersih.

Daerah-daerah di wilayah Gunungkidul diketahui mengalami kekeringan dan kesulitan dalam mengakses air selama beberapa bulan terakhir, terutama saat musim kemarau tiba.

Masyarakat setempat memanfaatkan bantuan tersebut untuk keperluan pengairan pertanian. Rektor Unhan RI Jonni Mahroza menyatakan bahwa program bantuan pipa air bersih ini dapat membantu masyarakat Gunungkidul melakukan panen hingga tiga kali dalam setahun.

Menurut Jonni, “Air yang mengalir mencapai 15 liter per detik, sehingga dapat mengaliri semua 82 tandon.”

Prabowo juga menyampaikan bahwa sebelumnya masyarakat setempat hanya mampu melakukan panen sekali dalam setahun, namun dengan adanya bantuan ini mereka dapat melakukannya hingga tiga kali.

Sumber air di Kalurahan Banyusoco berasal dari gua yang berada di wilayah tersebut. Saat ini sedang dikerjakan 16 titik sumber air bersih di gua tersebut, yang dapat mengairi lahan pertanian sekitar 7.400 hektar.

Sebelumnya, Menhan Prabowo juga telah meresmikan 11 titik sumber air bersih di Gunungkidul dan Bantul, Jawa Tengah pada bulan Agustus 2023.

Satgas Air Unhan RI telah berhasil menemukan sumber air dan membangun instalasi air bersih di lebih dari 130 lokasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti Nusa Tenggara Barat (NTB), Yogyakarta, Jawa Barat, Maluku Barat Daya, dan Banten sepanjang tahun 2023.

Acara peresmian ini dihadiri oleh sejumlah pejabat TNI dan Unhan lainnya, seperti Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Perencanaan Unhan RI Laksda TNI Agus Adriyanto, Pangdam V/DIP Mayjen TNI Deddy Suryadi, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zaenul Bahar, dan Dosen Tetap Unhan RI Marsma TNI E. Soni Astaryadi.

Source link