Strategi Pj Gubernur untuk Mengendalikan Inflasi dan Meningkatkan Perekonomian Lokal

by -86 Views

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian mendorong Pejabat Kepala Daerah untuk dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayahnya masing-masing. Hal ini bertujuan untuk mendukung berbagai program yang telah disusun oleh daerah agar lebih mandiri dan tidak hanya bergantung pada dana transfer.

Pejabat Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur Sumatra Selatan, Agus Fatoni, secara penuh mendukung arahan dari Mendagri untuk meningkatkan kemandirian daerah. Di Sumatera Selatan, Pemerintah Provinsi terus mendorong PAD baik melalui pajak daerah maupun distribusi daerah.

Sumatera Selatan menargetkan PAD tahun 2024 mencapai Rp4,3 Triliun, dan saat ini realisasi PAD sudah mencapai 45% dari target tersebut dengan sumber utama berasal dari pajak daerah, khususnya pajak kendaraan bermotor.

Bagaimana upaya dan tantangan yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah dalam mendorong peningkatan PAD? Untuk informasi lebih lanjut, simak dialog antara Dina Gurning dengan Pj Gubernur Sumatra Selatan, Agus Fatoni dalam program Closing Bell, CNBC Indonesia (Kamis, 06/06/2024).

Saksikan live streaming program-program CNBC Indonesia TV lainnya di sini.