Pesan dan Harapan Presiden Jokowi di Hari Raya Idul Fitri sebagai Kepala Negara Indonesia

by -33 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Hari raya Idul Adha kali ini merupakan hari raya terakhir Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia (RI). Kepala negara tersebut mengucapkan selamat bagi para umat Muslim yang merayakan.

“Berkurban menjadi salah satu ekspresi syukur dan rasa ikhlas kita atas berkah Allah SWT,” tulisnya melalui akun media sosial Instagramnya, dikutip Senin (17/6).

Jokowi berharap, semangat hari raya keagamaan ini dapat memperkuat persatuan antar masyarakat Indonesia.

“Selamat Hari Raya Iduladha 1445H. Semoga semangat hari raya ini semakin memperkuat persatuan, untuk Indonesia yang damai dan maju,” tambahnya.

Jokowi sendiri melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih sapi di Masjid Al-Akbar Surabaya. Sapi kurban miliknya diberi nama Mbrebes Mili.

Sekretaris Badan Pelaksana dan Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), Helmy M Noor, mengatakan bahwa sapi kurban milik Jokowi tiba di Surabaya pada Minggu (16/6) pagi.

Helmy menjelaskan bahwa sapi kurban milik Jokowi berjenis peranakan Ongole dengan berat satu ton dan dibeli dari peternak bernama Teguh asal Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Presiden Jokowi berkurban dengan sapi jenis peranakan Ongole berusia 5 tahun dan beratnya mencapai 1.010 kilogram.

Animals tersebut memiliki tinggi 156 centimeter dan berwarna putih, dan diberi nama Mbrebes Mili oleh peternak sapi kurban tersebut, Pak Teguh, karena kebahagiaannya sapinya dibeli oleh Presiden Jokowi untuk dikurbankan pada tahun 2024.

“Mbrebes mili” merupakan bahasa Jawa yang berarti mulai mengalir, yang dalam konteks ini menggambarkan keharuan.

Selain sapi milik Jokowi, juga ada hewan kurban dari pejabat lain seperti Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, Pangdam, dan Ibu Haji Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur Periode 2019-2024.

Helmy menyebutkan bahwa jumlah hewan kurban di Masjid Al Akbar pada tahun 2024 diprediksi akan bertambah dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini, hewan kurban memiliki bobot lebih besar dibanding tahun sebelumnya.

Seluruh hewan kurban di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan dipotong pada Selasa, 18 Juni 2024.

(fs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *