Juara Kaesang, Pengaruh Jokowi Tersentuh

by -48 Views

Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru saja merilis hasil survei elektabilitas calon gubernur Jawa Tengah. Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia dan anak bungsu Presiden Joko Widodo, menempati posisi tertinggi di antara calon lainnya.

Menurut Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, kepuasan terhadap kinerja Jokowi merupakan faktor utama di balik popularitas Kaesang. Hasil survei menunjukkan bahwa 23,7% pemilih sangat puas dan 61,3% cukup puas dengan kinerja Jokowi.

Djayadi menjelaskan bahwa pemilih Jawa Tengah yang merasa puas dengan kinerja Jokowi cenderung lebih mendukung Kaesang daripada calon lainnya seperti Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen.

LSI juga melakukan simulasi terbuka dengan menyajikan 21 nama calon gubernur potensial. Dalam simulasi ini, Kaesang masih menduduki posisi teratas dengan dukungan 15,9%, diikuti oleh Luthfi, Abdul Wachid, dan Raffi Ahmad.

Meskipun Kaesang tampak unggul dalam survei, Djayadi menilai bahwa peta politik Pilkada Jateng masih belum pasti. Seperti halnya, jika Kaesang tidak ikut dalam kontestasi, pemilih yang puas dengan kinerja presiden cenderung mendukung Luthfi.

Survei ini melibatkan 1.200 responden dan dilakukan pada periode 21-26 Juni 2024. Margin of error survei ini diperkirakan sebesar ± 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Sumber:
[https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240701104149-617-1116098/lsi-ada-pengaruh-jokowi-di-balik-unggulnya-kaesang-di-survei-pilkada]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *