Peringatan Israel dari Rusia: Perbandingan Kekuatan Militer antara Putin dan Netanyahu

by -40 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Hubungan antara Rusia dan Israel memanas. Hal ini terjadi karena Israel berencana untuk memasok sistem pertahanan udara Patriot buatan Amerika Serikat ke Ukraina. Utusan Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, mengatakan bahwa akan ada konsekuensi dari tindakan tersebut.

Perkembangan ini bisa berdampak pada hubungan antara Israel dan Rusia. Nebenzia memperingatkan hal ini ketika Moskow sedang menduduki jabatan presiden bergilir Dewan Keamanan PBB.

“Saya yakin ini tentu saja dapat menimbulkan konsekuensi politik tertentu,” kata diplomat Rusia tersebut, seperti dilaporkan oleh RT pada Jumat (5/7/2024).

“Iran salah, Israel tidak akan mengirimkan senjata-senjata itu ke Ukraina, pada akhirnya senjata-senjata itu akan dihancurkan, seperti senjata-senjata Barat dan AS lainnya. Itu jelas,” tambahnya.

Hal yang sama juga dilaporkan oleh Financial Times pekan lalu, yang mengutip orang-orang yang mengetahui negosiasi tersebut. Laporan tersebut mengungkap bahwa AS, Israel, dan Ukraina sedang melakukan diskusi untuk mengirimkan hingga delapan sistem pertahanan udara Patriot Israel lama ke Kyiv.

Situasi ini membuat kekuatan militer antara Rusia dan Israel menjadi sorotan. Berikut perbandingan kekuatan militer keduanya:

1. Urutan Kekuatan dan Jumlah Tentara
Menurut laporan GlobalFirePower (GFP), Rusia menempati peringkat kedua, jauh di atas Israel yang berada di peringkat ke-17 dari 145 negara. Dengan posisi tersebut, Rusia memiliki jumlah tentara yang lebih banyak dengan 1,32 juta personel aktif, 2 juta tentara cadangan, dan 250.000 unit paramiliter, sementara Israel hanya memiliki 170.000 tentara aktif, 465.000 tentara cadangan, dan 35.000 pasukan paramiliter.

2. Anggaran Pertahanan
Rusia juga unggul dalam anggaran pertahanan dengan anggaran sebesar US$109 miliar, sementara Israel hanya memiliki anggaran US$24,4 miliar.

3. Jumlah Persenjataan – Senjata Nuklir
Rusia juga unggul dalam jumlah persenjataan darat, laut, dan udara. Rusia memiliki berbagai jenis persenjataan dan senjata nuklir yang lebih besar dibandingkan dengan Israel.

Dalam hal kepemilikan hulu ledak nuklir, Rusia memiliki 5.580 hulu ledak nuklir, sementara Israel diperkirakan memiliki 90 hulu ledak nuklir.

Dengan perbandingan kekuatan militer tersebut, hubungan antara Rusia dan Israel menjadi semakin tegang dan memperhatikan setiap perkembangan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *