Deretan Mobil yang Paling Kurang Laku di Indonesia Juni 2024, Hanya Ada 3 Unit yang Terjual

by -77 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Dari ratusan mobil yang ada di Indonesia, hanya ada beberapa merek yang penjualannya tembus ribuan unit per bulan. Dan, ada merek-merek lainnya yang justru tak mampu cetak penjualan positif apalagi fantastis.

Mobil-mobil itu hanya terjual beberapa unit, bahkan dari sisi satu agen pemegang merek (APM) atau brand, ada juga yang hanya menjual kurang dari 10 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), brand dengan wholesales atau penjualan pabrik ke diler paling sedikit pada bulan Juni 2024 lalu adalah Audi dengan hanya 3 unit.
Rincian penjualan Audi bulan lalu yakni 2 unit untuk Audi Q3 1.4 TFSI A/T yang dibanderol hampir Rp 1 miliar atau Rp 959 juta. Sedangkan 1 unit lainnya terjual untuk Q5 2.0 TFSI AT dengan harga Rp 1,3 miliar.

Sementara itu brand asal Jerman yakni Volkswagen hanya menjual 4 unit kendaraan yang keseluruhannya disumbangkan oleh Tiguan Allspace 1.4 TSI AT. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 648 jutaan.

Brand lainnya yang mencatatkan wholesales hanya 1 digit adalah Haval dengan penjualan 9 unit, seluruhnya tercatat untuk penjualan mobil HAVAL H6 HEV 1.5T DHT (4×2) A/T dengan harga Rp595,8 juta.

Sedangkan dari sisi penjualan ritel atau dari diler ke konsumen juga tidak jauh berbeda. Audi justru menjual lebih sedikit yakni 2 unit pada bulan Juni 2024 lalu, disusul Haval yang menjual 5 unit, Seres menjual 8 unit dan Volkswagen menjual 9 unit.

Sedangkan Peugeot yang sudah resmi angkat kaki dari Indonesia tidak mencatatkan penjualan sama sekali pada bulan Juni lalu.