Per 1 September 2024, BBM Baru Akan Mulai Beredar di SPBU Daerah Ini

by -85 Views

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memastikan bahwa produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru, yaitu BBM rendah sulfur, sudah siap untuk dijual. Namun, penjualan BBM rendah sulfur ini hanya dilakukan di wilayah tertentu, terutama di wilayah Jawa Barat bagian Utara.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengatakan bahwa produksi BBM baru jenis Solar sudah siap. Namun, produksi hanya cukup untuk wilayah Jawa Barat bagian Utara. Hal ini juga disebabkan karena infrastruktur untuk memproduksi BBM baru hanya tersedia di Kilang Pertamina di Balongan, Jawa Barat.

Dadan belum bisa memastikan jumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang akan menyalurkan BBM baru dan seberapa banyak volume yang akan disalurkan. Namun, pihaknya akan fokus pada penyaluran di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Pemerintah melakukan upaya untuk memproduksi BBM rendah sulfur baru ini dengan tujuan mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Fokusnya adalah mengurangi polusi yang sudah cukup signifikan di wilayah tersebut.