Sistem Pemberdayaan Perempuan dalam Industri Terminal Petikemas

by -5 Views

PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) mengadakan Forum Operasi Wanita, untuk meningkatkan peran perempuan dalam kegiatan operasional Terminal petikemas. Forum ini dihadiri oleh 35 peserta perempuan di 32 terminal SPTP dari Medan sampai Merauke.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ihsanuddin Usman, menyatakan bahwa perusahaan memberikan perhatian kepada peningkatan peran perempuan dalam industri kepelabuhanan.

“Pelaksanaan acara ini membuktikan komitmen SPTP untuk meningkatkan peran perempuan di Terminal petikemas,” ujar Usman.

Forum ini bertujuan untuk memperkuat keterampilan teknis dan manajerial, serta mempersiapkan talenta perempuan di lingkungan SPTP agar dapat bersaing secara global. Program ini juga mencakup peningkatan kepercayaan diri dan peran perempuan dalam berbagai aspek operasional.

Ady Sutrisno, Direktur Sumber Daya Manusia PT Pelindo Terminal Petikemas, menjelaskan bahwa forum ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang standar operasi berkelas dunia, mendorong inisiatif ramah lingkungan, dan membangun jejaring profesional.

Salah satu peserta forum, Putri Rahmawati Wojaa, menyatakan bahwa forum ini memberikan pengalaman baru dan keterampilan yang berguna dalam pekerjaan sehari-hari. Sedangkan peserta lainnya, Fanda A. Alle, juga merasa lebih percaya diri dalam menjalankan tugasnya di Terminal Petikemas Jayapura.

Diharapkan melalui program ini, setiap Terminal petikemas di lingkungan SPTP dapat menerapkan standar operasi berkelas dunia yang aman, efisien, dan ramah lingkungan.

Setelah Ladies Operations Forum selesai, diharapkan kualitas layanan kepada pengguna jasa dapat meningkat.