Aktivis Papua Menuntut Dihentikannya Proyek Pembangunan Satu Juta Hektar Sawah di Merauke.

by -5834 Views

Pemerintah Indonesia sedang melaksanakan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Merauke, provinsi Papua Selatan, dalam bidang pertanian untuk mencapai swasembada. Upaya ini mendapat kritik karena dianggap merusak lingkungan setempat.

VOA – Proyek Strategis Nasional (PSN) di Merauke, provinsi Papua Selatan dimulai pada 12 Juli 2024, ketika Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya, mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 835 Tahun 2024. Surat tersebut berisi persetujuan penggunaan kawasan hutan untuk pembangunan infrastruktur ketahanan pangan. Persetujuan diberikan atas nama Kementerian Pertahanan RI, dengan luas mencapai 13.540 hektar di kawasan Hutan Lindung, Hutan Produksi Tetap, dan Kawasan Hutan Produksi yang Dapat Dikonversi di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Proyek ini merupakan bagian dari PSN Kawasan Pengembangan Pangan dan Energi Merauke yang bertujuan mencetak 1 juta hektar sawah.

Yayasan Pusaka Bentala Rakyat (PUSAKA) mencatat bahwa lokasi proyek ini berada di kawasan hutan adat dan beberapa lokasi memiliki nilai konservasi tinggi. Perwakilan pemilik tanah di Distrik Ilwayab, Marga Gebze Moyuend, dan Gebze Dinaulik menyatakan bahwa tanah mereka telah digusur.

“Proyek ini melanggar hak hidup, hak masyarakat adat, dan merusak lingkungan hidup sesuai dengan konstitusi dan peraturan perundang-undangan, serta prinsip Free Prior Informed Consent,” kata Direktur PUSAKA, Franky Samperante.

PUSAKA juga menduga bahwa proyek PSN Merauke dalam mencetak satu juta hektar sawah baru dan pembangunan infrastruktur ketahanan pangan belum memiliki dokumen lingkungan dan persetujuan lingkungan.

Desakan LBH Papua juga mengkritik proyek ini dan meminta pemerintah untuk menghentikan penghancuran Taman Nasional, Suaka Margasatwa, dan Cagar Alam yang dilindungi.

Pemerintah terus melanjutkan pelaksanaan PSN di Merauke meskipun mendapat kritik. Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono, memastikan bahwa PSN yang dilakukan Kementerian Pertanian berjalan dengan baik dan merupakan program penting untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Sebelumnya, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, juga menegaskan komitmen pemerintah untuk menjadikan Merauke sebagai lumbung pangan dunia. Upaya optimalisasi lahan pertanian pun dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Source link