Menteri Calon yang Paling Mengejutkan yang Bertemu dengan Prabowo di Kertanegara

by -5864 Views

Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil 49 calon menteri dan calon wakil menteri kabinetnya ke kediaman Jalan Kertanegara, Jakarta, Senin (14/10/2024). Dari daftar panjang ini, terselip tiga sosok yang mengejutkan.

Ketiganya hadir di Kertanegara dan berdiskusi langsung dengan Prabowo. Ketiganya adalah perempuan, yakni Sri Mulyani Indrawati, Veronica Tan, dan Widiyanti Putri Wardhana.

Ada alasan kuat mengapa kehadiran ketiganya cukup mengejutkan khalayak. Berikut ini kisah kehadiran ketiganya di Kertanegara kemarin:

Hadir masih sore, Widiyanti Putri Wardhana mengumbar senyum kepada awak media. Tak banyak awak media yang mengenal Widiyanti. Ternyata, dia adalah sosok pengusaha wanita. Widiyanti adalah anak dari Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pendiri Teladan Group.

Widiyanti memiliki pengalaman luas, dikenal karena keahliannya di dunia bisnis, terutama dalam sektor agribisnis dan energi.

Kiprah profesionalnya mencakup berbagai posisi strategis, termasuk sebagai Komisaris PT Teladan Prima Agro (TPA) sejak 2021, setelah sebelumnya menjabat sebagai direktur dari 2012 hingga 2021. Mengutip situs resmi Teladan Resources, Senin (14/10/2024), Widiyanti juga tercatat sebagai COO di perusahaan tersebut.

Peran strategis ini menempatkannya sebagai salah satu figur kunci dalam mengelola operasional dan pertumbuhan perusahaan yang berfokus pada perkebunan dan pengolahan kelapa sawit di Kalimantan Timur.

Mengintip laman Instagram miliknya, kehidupan Widiyanti tidak lepas dari selera dan kedekatan dengan dunia fesyen. Dalam halaman media sosialnya tersebut, dia juga memiliki kedekatan dengan anak Prabowo, Didit Hediprasetyo. Hingga saat ini belum jelas, apa jabatan yang akan diemban istri dari Wishnu Wardhana ini, salah satu pendiri Mahaka Group.

Nama Sri Mulyani kerap muncul sebagai salah satu kandidat Menteri Keuangan, jauh sebelum panggilan Prabowo ke Kertanegara, kemarin. Sebelumnya, diberitakan ada empat nama masuk ke dalam bursa calon menteri keuangan presiden terpilih Prabowo Subianto. Yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo, dan Ketua Regulator Keuangan Mahendra Siregar.

Tidak sedikit pelaku pasar, bankir, investor hingga analis yang berharap mantan petinggi Bank Dunia ini untuk lanjut di era Prabowo. Dia dikenal sebagai sosok prudent yang kompeten mengampu fiskal dan keuangan negara.

Setelah menemui Prabowo di Kertanegara, Sri Mulyani mengakui bahwa dirinya diminta untuk membantu penganggaran kementerian-kementerian yang akan berubah nomenklaturnya, karena akan ada beberapa kementerian baru dalam kabinet Prabowo nanti.

“Beliau minta saya untuk jadi Menkeu kembali,” tegas Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, Prabowo meminta dirinya untuk membantu penganggaran kementerian-kementerian yang akan berubah nomenklaturnya, karena akan ada beberapa kementerian baru dalam kabinet Prabowo nanti.

Sri Mulyani menilai Prabowo sangat memperhatikan kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan dampaknya kepada masyarakat. Prabowo memberi arahan untuk mengoptimalkan pajak dan belanja negara. Dia dan presiden terpilih ini bahkan sudah beberapa kali bertemu untuk membahas APBN, serta mendengar program prioritas presiden dan wakil presiden terpilih.

“Jadi selalu konsultasi, lalu berbagai langkah untuk memperkuat Kementerian Keuangan dan keuangan negara dengan program-program beliau,” tegas Sri Mulyani.

Sosok ketiga yang membuat publik terkejut adalah Veronica Tan. Mantan istri Basuki Tjahja Purnama hadir di Kertanegara kemarin malam. Pertemuannya dengan Prabowo terbilang singkat, hanya sekitar 20 menit.

Prabowo secara langsung meminta Veronica membantunya dalam bidang ibu dan anak. Veronica menyetujui permintaan tersebut dan mengaku siap mengabdi.

“Saya baru dipanggil untuk kunjungi pak Presiden, semoga saya bisa layani masyarakat ke depannya,” ungkapnya.

“Untuk membantu ibu dan anak, saya bilang siap,” tegas Veronica.

Veronica diketahui aktif sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Jakarta. Dia juga kerap tampir bermain cello di beberapa kesempatan.

(haa/haa)