Prabowo Berharap Swasembada Pangan Dalam 4 Tahun, BUMN Siap Mendukung

by -5858 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden terpilih Prabowo Subianto menargetkan Indonesia bisa mencapai swasembada pangan dalam 4 tahun masa pemerintahannya.

Direktur Utama ID Food, Sis Apik Wijayanto menyebutkan target swasembada pangan dan energi menjadi bagian dari Asta Cita Prabowo-Gibran. Hal ini terkait upaya mewujudkan kemandirian pangan di tengah ketidakpastian global yang semakin mengkhawatirkan.

ID Food sebagai Holding BUMN Pangan memandang target swasembada pangan Presiden Terpilih Prabowo sebagai peluang untuk meningkatkan produksi pangan. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan infrastruktur maupun pengembangan lahan yang sudah ada lewat 2 strategi utama yakni intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian.

Strategi peningkatan produksi pangan meliputi perbaikan kualitas benih yang bersertifikat, penyediaan pupuk yang tetap dosis dan jumlah, memastikan sistem pengairan yang baik hingga menambah luas lahan pertanian dan pemanfaatan teknologi pertanian pendukung.

Seperti apa kesiapan BUMN pangan mendukung target swasembada pangan? Selengkapnya simak dialog Shinta Zahara dengan Direktur Utama ID Food, Sis Apik Wijayanto dalam Squawk Box, CNBC Indonesia (Kamis, 17/10/2024)