Israel Mengelilingi Bos Hamas untuk Update Korban

by -179 Views

Serangan Israel di Jalur Gaza telah berlangsung selama tiga bulan. Berikut adalah sembilan pembaruan terbaru yang dikumpulkan oleh CNBC Indonesia dari berbagai sumber pada Kamis (7/12/2023).

1. Jumlah Korban Tewas
Kementerian Kesehatan Palestina dan Perhimpunan Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mencatat bahwa setidaknya 16.248 orang tewas, termasuk 7.112 anak-anak dan 4.885 wanita. Sedangkan korban luka mencapai 43.616 orang, termasuk 8.663 anak-anak dan 6.327 perempuan. Sebanyak 7.600 warga juga dilaporkan hilang di Gaza, sementara di Tepi Barat, tercatat 262 orang tewas dan 3.365 orang luka-luka.

2. Pasukan Israel Kepung Pemimpin Tertinggi Hamas
Pasukan Israel telah mengepung rumah Yahya Sinwar, pemimpin tertinggi Hamas di Gaza. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa mereka hanya perlu waktu untuk menangkapnya.

3. Pertempuran “Door to Door”
Pasukan Israel dan Hamas terlibat dalam pertempuran dari rumah ke rumah di sepanjang Jalur Gaza. Hamas mengandalkan bom rakitan untuk menimbulkan korban jiwa dan memperlambat serangan yang dilakukan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Gaza utara dan selatan.

4. Israel Kepung Kota Khan Younis
Pasukan Israel mengumumkan bahwa mereka telah mengepung kota Khan Younis di Gaza selatan dan meminta warga untuk meninggalkan kota menuju tempat yang lebih aman.

5. AS Diskusi dengan Israel Soal Jadwal Operasi Militer di Gaza
Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah berdiskusi dengan Israel mengenai jadwal operasi militer di Gaza.

6. Menhan Inggris ke Israel
Menteri Pertahanan (Menhan) Inggris Grant Shapps berencana untuk memanfaatkan perjalanannya ke Israel dan wilayah pendudukan Palestina untuk mendorong agar bantuan kemanusiaan disalurkan lebih cepat, termasuk melalui laut langsung ke Gaza.

7. Israel Setuju Izinkan Bahan Bakar Masuk Gaza
Kabinet keamanan Israel telah setuju untuk mengizinkan “tambahan minimal” bahan bakar untuk masuk ke Jalur Gaza “untuk mencegah keruntuhan kemanusiaan dan merebaknya penyakit” di selatan wilayah tersebut.

8. Sekjen PBB Pencet “Tombol Darurat” di Gaza
Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, menggunakan klausul yang jarang digunakan dalam piagam PBB untuk memperingatkan bahwa konflik tersebut “dapat memperburuk ancaman yang ada terhadap perdamaian dan keamanan internasional”.

9. Pemimpin Oposisi Israel Kecam Sayap Kanan
Pemimpin oposisi Israel Yair Lapid mengkritik demonstrasi sayap kanan di Yerusalem yang dijadwalkan hari ini, menyebutnya sebagai “provokasi kekerasan”.