Inilah Alasan Utama Mengapa Orang Korea ‘Malas’ Punya Anak

by -163 Views

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) tengah menanyakan alasan pasangan muda di negaranya menolak untuk memiliki anak. Survei ini dilakukan melalui diskusi dengan enam pasangan muda yang tidak berencana untuk memiliki anak dalam pertemuan yang diselenggarakan di Seocho-gu, Seoul selatan.

Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan sedang berupaya untuk mendapatkan ide-ide kebijakan yang membantu mengatasi menurunnya angka kelahiran di Korea Selatan. Pasangan muda di Korea Selatan yang tidak memiliki anak menyebutkan persaingan yang ketat di kalangan pelajar dan masalah keuangan sebagai alasan mereka memutuskan untuk tidak memiliki anak.

Beberapa peserta juga mempertanyakan sifat hiperkompetitif dalam penerimaan masuk perguruan tinggi, yang dimulai sejak usia sangat muda. Mereka menekankan bahwa segala sesuatu menjadi bahan perbandingan di kalangan orang tua.

Ada juga yang mengungkapkan bahwa mereka kekurangan waktu atau keuangan untuk menjadi orang tua yang baik. Wakil menteri pertama Kementerian Kesejahteraan, Lee Ki-il, mengakui kesulitan yang dialami pasangan muda dalam membesarkan anak dan berjanji akan membuat kebijakan untuk meningkatkan angka kelahiran di negara tersebut.

Kementerian berencana mengadakan pertemuan dengan orang-orang dari rumah tangga yang belum menikah dan rumah tangga yang memiliki banyak anak. Korea Selatan telah mengalami penurunan tajam dalam tingkat kesuburan dan penurunan populasi. Tingkat kesuburan total di negara tersebut turun ke rekor terendah 0,78 tahun lalu, menurut Statistik Korea. Menurut laporan Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan pada bulan Agustus, Korea Selatan telah mencatat penurunan populasi selama tiga tahun berturut-turut pada tahun 2022, dari 51,6 juta pada tahun 2021 menjadi 51,4 juta.