Siapa Capres RI yang Paling Unggul dalam Debat Menurut Media Asing?

by -148 Views

Jakarta CNBC Indonesia – Media asing secara massal memberi perhatian terhadap debat calon presiden (capres) yang telah berlangsung pada Selasa lalu. Pemberitaan masih terus terlihat hingga Jumat (15/12/2023).

Salah satunya adalah media Qatar, Al-Jazeera yang memberikan sejumlah catatan, termasuk mengenai sengitnya debat dan siapa yang unggul. Media tersebut memuat artikel berjudul “Indonesia’s first presidential debate: Five key takeaways”.

“Masing-masing kandidat capers Indonesia bertarung dalam debat pertama dari lima debat yang disiarkan televisi, menjelang pemilihan presiden pada 14 Februari tahun depan,” tulis Al-Jazeera.

“Debat pertama yang sangat dinantikan ini berfokus pada tema hukum dan hak asasi manusia, dengan kandidat – Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan – menyajikan pernyataan misi sebelum menjawab pertanyaan yang disiapkan oleh para ahli,” tambahnya.

Disampaikan bahwa perdebatan tersebut berlangsung sengit selama dua setengah jam. Mulai dari pelanggaran hak asasi manusia di seluruh Indonesia hingga keputusan kontroversial MK tentang menurunkan batas usia minimum bagi pejabat terpilih untuk mencalonkan diri sebagai presiden dan wakil presiden.

“Ketiga pemimpin tersebut ingin menggantikan petahana Joko Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, yang telah menjabat dua periode dan tidak dapat mencalonkan diri lagi,” lanjutnya.

“Tidak ada calon terdepan yang jelas,” lanjutnya, sebutnya lagi menyebut tak ada yang unggul dalam debat karena tidak ada satupun kandidat yang berhasil melakukan “pukulan telak” yang kemungkinan akan mengubah proyeksi perolehan suara.

Mengutip pengamat lokal, Al-Jazeera menyebut secara umum hasilnya seri. Debat awal itu, kata dosen hubungan internasional Universitas Jenderal Achmad Yani di Bandung Yohanes Sulaiman, tidak akan mengubah opini masyarakat yang sepertinya terus bergerak bagi Anies, Prabowo, dan Ganjar.

Sebelumnya, Reuters juga mengamati debat capres dengan judul “Indonesian presidential hopefuls face off in heated debate on law, human rights”. Media Australia, ABC News, menyoroti dengan artikel “Indonesian presidential candidates clash on security and corruption in first of five debates ahead of the election”.

Ditulis bagaimana masing-masing kandidat memberi kata-kata kunci untuk melawan pernyataan lain. Dikutip beberapa kalimat Anies, Prabowo, dan Ganjar.

Sebagian besar media asing menyebutkan bagaimana debat tersebut berjalan sengit dan masing-masing kandidat menunjukkan sikap tegas dalam menyuarakan gagasan dan visi untuk kemajuan Indonesia.