El Nino Tetap Membuat Ancaman, Dampaknya Terhadap Produksi Kopi Indonesia

by -144 Views

Harga kopi robusta mencapai rekor tertinggi sepanjang masa. Di tengah kenaikan harga kopi global, pertanyaannya adalah bagaimana harga kopi di Indonesia?

Menurut Dwi Sutoro, Direktur Pemasaran PTPN III (Persero), produksi kopi robusta PTPN III mengalami penurunan 20% dibandingkan tahun sebelumnya, sementara produksi kopi arabika mengalami kenaikan sebesar 25%.

Mulyono Soesilo, Ketua Departemen Specialty dan Industri AEKI, menyatakan bahwa produksi kopi pada tahun 2023 merupakan yang terendah dalam 10 tahun terakhir. Namun, hal ini bukan disebabkan oleh fenomena El Nino 2023, melainkan akibat dari efek La Nina tahun 2022. Dampak iklim ini akan terasa pada tahun mendatang dan dengan semakin seringnya musim kemarau, kerusakan ini akan terus terjadi dan dapat terlihat saat kondisi normal.

Untuk informasi lebih lanjut, saksikan dialog Bramudya Prabowo bersama Direktur Pemasaran PTPN III (Persero) Dwi Sutoro dan Mulyono Soesilo, Ketua Departemen Specialty dan Industri AEKI, dalam segmen Food Agri Insight di Program Squawk Box CNBC Indonesia, Kamis (21/12/2023).