Israel Menolak Proposal Damai Mesir

by -168 Views

Konflik berdarah antara kelompok pejuang Palestina, Hamas, dengan Israel masih terus berlanjut. Eskalasi semakin tajam setelah Israel melancarkan serangan balasan yang bertubi-tubi ke wilayah Gaza.

Berikut adalah perkembangan terbaru yang dikutip dari berbagai sumber oleh CNBC Indonesia, Selasa (26/12/2023):

1. Oposisi meminta Netanyahu mundur
Pemimpin oposisi Israel, Yair Lapid, kembali meminta Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk mengundurkan diri. Menurut Lapid, “Mengganti perdana menteri di tengah perang bukanlah hal yang baik. Tapi yang saat ini menjabat lebih buruk. Dia tidak bisa melanjutkannya.”

Lapid menolak untuk bergabung dengan kabinet perang Netanyahu sejak awal perang Israel-Hamas dan terus-menerus mengkritik pemerintahan sayap kanan Netanyahu.

2. Israel menyerang 100 titik di Selatan Gaza
Jets tempur Israel telah melakukan lebih dari 100 serangan di Gaza selatan dalam 24 jam terakhir, menurut pernyataan resmi dari tentara Israel. Serangan tersebut bertujuan untuk menyerang terowongan dan instalasi militer yang digunakan oleh Hamas.

3. Iran menanggapi Israel
Kementerian Pertahanan Iran mengatakan bahwa Israel “akan menanggung akibatnya” atas pembunuhan Sayyed Razi Mousavi, anggota Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), dalam serangan udara di Suriah. Iran mengancam bahwa respons mereka akan ketat dan efektif.

4. AS menolak permintaan Israel
Amerika Serikat (AS) menolak permintaan Israel untuk mendapatkan helikopter Apache selama perang di Gaza. Meski begitu, tekanan dari pihak Israel untuk memperoleh helikopter tersebut terus berlanjut.

6. Data korban terbaru
– Gaza
Tewas: 20.674
Cedera: 54.536
Hilang: Lebih dari 7.000
– Tepi Barat
Terbunuh: 305
Terluka: Lebih dari 3.450
– Israel
Tewas: 1.139 tewas pada 7 Oktober
Tentara terbunuh sejak invasi darat: 158
Tentara terluka sejak invasi darat: 834

7. India turun gunung
Angkatan Laut India akan mengirimkan kapal perusak berpeluru kendali ke Laut Arab setelah kapal dagang yang berafiliasi dengan Israel diserang di lepas pantai. Pentagon menduga serangan itu didalangi Iran, sementara Teheran telah menolak klaim tersebut.

8. Netanyahu janji ‘perang’ mati-matian
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyatakan bahwa perang Israel di Gaza akan menjadi perjuangan yang panjang dan masih belum berakhir. Hal ini disampaikan setelah ia kembali dari perjalanan ke daerah kantong tersebut.

9. Mesir kirim proposal perdamaian baru
Mesir mengusulkan rencana tiga tahap untuk mengakhiri perang antara Israel dan Hamas. Rencana ini termasuk pembebasan sandera yang ditahan oleh Hamas di Gaza.

Sumber:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20231223170724-4-343867/peperangan-israel-vs-hamas-terbaru-netanyahu-dipinta-mundur- lagi