Presiden Jokowi Mengumumkan Jangka Waktu Penyelesaian Konstruksi Bandara IKN pada Juni 2024

by -140 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa bandara Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Penajam Paser, Kalimantan Utara akan beroperasi pada bulan Juli 2024 mendatang. Hal ini dikatakan Jokowi saat meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking Bandara Ibu Kota Nusantara pada tanggal 1 November 2023.

Dalam acara tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto.

Jokowi menjelaskan bahwa bandara ini akan beroperasi penuh pada bulan Desember 2024, tetapi akan bisa digunakan sejak bulan Juni 2024 untuk mendukung kegiatan di IKN. Dengan luas sebesar 347 hektar, bandara ini akan memperluas konektivitas ke kawasan Ibu Kota Nusantara. Bandara ini juga dapat melayani pesawat berbadan lebar karena memiliki runway atau landasan pacu sepanjang 3.000 x 45 meter dan terminal seluas 7.350 meter.

Jokowi yakin bahwa bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, mendorong pertumbuhan ekonomi, mengembangkan potensi di daerah, dan mempercepat pembangunan IKN.