Pertarungan antara Prabowo, Ganjar, dan Anies

by -160 Views

Lembaga survei LSI Denny JA merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas calon presiden dan wakil presiden dalam Pemilu 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memiliki elektabilitas tertinggi.

Survei dilakukan pada 6-13 November 2023 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak atau multistage random sampling. Metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini sebesar 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

LSI Denny JA mengajukan pertanyaan kepada para responden, ‘Jika pemilu presiden dilaksanakan saat survei ini berlangsung, siapakah dari 3 pasangan capres-cawapres ini yang Anda pilih?’. Hasilnya, Prabowo-Gibran memperoleh elektabilitas 40,3%, Ganjar-Mahfud 28,6%, Anies-Muhaimin Iskandar atau pasangan AMIN 20,3%. Sementara yang memilih opsi tidak tahu atau tidak menjawab berada di angka 10,8%.

Menurut pembicara LSI Denny JA, Adjie Al Faraby, pasangan Prabowo-Gibran adalah pasangan capres-cawapres dengan elektabilitas tertinggi, diikuti oleh Ganjar-Mahfud dan pasangan AMIN. Dia juga menyoroti kemungkinan pemilihan presiden yang diprediksi memasuki putaran kedua berdasarkan elektabilitas yang ada.

Survei ini mengindikasikan bahwa dengan elektabilitas 40,3%, pasangan Prabowo-Gibran sudah dipastikan masuk ke putaran kedua. Sementara itu, pasangan lain yang berpeluang untuk ikut bertarung di putaran kedua adalah Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin karena selisih elektabilitasnya hanya di bawah 10%.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi tautan ini: https://news.detik.com/pemilu/d-7046640/survei-lsi-denny-ja-prabowo-gibran-40-3-ganjar-mahfud-28-6-amin-20-3