Perang di Gaza semakin mencekam dengan kematian 13.300 orang – pengalaman seperti di Hunger Games!

by -157 Views

Serangan Israel di Gaza, Palestina masih terus terjadi. Senin dilaporkan bahwa RS Indonesia terkepung dan menjadi sasaran tentara Israel (IDF). Menurut Al-Jazeera, ada 6.000 orang berlindung di dalamnya, termasuk 7.000 pasien menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). IDF juga melakukan penembakan kepada warga yang berusaha keluar dari fasilitas kesehatan itu, di mana dalam update terbaru AFP, disebutkan 12 warga tewas.

Otoritas Kesehatan Gaza khawatir akan adanya pembantaian seperti yang dilakukan Israel di rumah sakit terbesar Gaza sebelumnya, RS-Al Shifa. Pemerintah RI sendiri mengutuk serangan tersebut. Berikut rangkuman CNBC Indonesia, Selasa (21/11/2023).

1. Jumlah Korban Tewas
Jumlah korban tewas akibat serangan Israel terus melonjak, Senin. Kini tercatat 13.300 orang tewas. Korban tewas juga mencakup 5.600 anak-anak dan 3.550 perempuan. Selain itu, korban tewas juga mencakup 201 staf medis, 22 anggota tim penyelamat pertahanan sipil, dan 60 jurnalis. Sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober, Israel terus melancarkan serangan udara dan darat di Jalur Gaza. Sementara korban tewas di Israel adalah sekitar 1.200 orang, menurut angka resmi.

2. Israel Hizbullah Baku Tembak
Israel dan kelompok militan Lebanon Hizbullah mengatakan mereka saling baku tembak pada hari Senin. Sementara milisi Houthi di Yaman yang didukung Iran telah menangkap kapal Israel di Laut Merah dan membawanya ke pantai Yaman.

3. Angka Pengangguran Israel Melejit
Tingkat pengangguran di Israel melonjak menjadi 9,6% pada bulan Oktober, dibandingkan dengan 3,6% pada bulan September.

4. Pembebasan Sandera Israel
Presiden AS Joe Biden mengatakan kesepakatan untuk membebaskan sandera di Gaza, yang dimediasi Qatar, sudah hampir tercapai.

5. Update Gencatan Senjata dari Hamas
Hamas akhirnya buka suara soal gencatan senjata dengan Israel. Negosiasi antara Israel dan kelompok itu masih berlangsung.

6. “Hunger Games” di Gaza
Warga Gaza menyebut hidup mereka kini bak film Hollywood “Hunger Games”. Mereka menghadapi kesulitan mendapatkan kebutuhan dasar kemanusiaan.

Demikian rangkuman mengenai perkembangan terkini terkait serangan Israel di Gaza, Palestina. Semoga keadaan segera dapat membaik untuk kedamaian di wilayah tersebut.