Persiapkan Diri, BKN Siapkan Persiapan CPNS Tahun 2024

by -93 Views

Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah mempersiapkan rencana pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. BKN bersama lembaga lainnya tengah melakukan pembahasan terkait pelaksanaan tes ini.

“Saat ini masih dalam tahap pembahasan antara instansi pemerintah yang tergabung dalam Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas,” kata Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Nanang Subandi lewat keterangan tertulis, Selasa (9/1/2024).

Nanang mengatakan BKN bersama Kementerian PANRB juga tengah merumuskan tindak lanjut menyangkut penetapan kebutuhan, kriteria dan agenda seleksi sejak Sabtu, 6 Januari 2024 lalu.
“Hari ini 9 Panselnas juga menginisiasi pembahasan teknis rekrutmen dengan instansi pemerintah,” kata dia.

Nanang mengatakan informasi lebih lanjut mengenai kriteria dan jadwal seleksi akan diumumkan secara resmi kepada publik sesuai dengan Keputusan Panselnas. Dia meminta masyarakat untuk memantau secara berkala pengumuman seleksi ini melalui laman resmi BKN, baik website maupun media sosial.

“Jangan merujuk pada sumber informasi yang tidak resmi untuk menghindari informasi palsu atau tidak valid,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pemerintah akan melakukan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada 2024. Pemerintah akan memberikan porsi yang besar bagi lulusan baru universitas.

“Ia mengatakan pemerintah memberikan kesempatan yang besar bagi lulusan baru universitas atau fresh graduate dibanding tahun sebelumnya. Total kebutuhan calon ASN pada tahun 2024 mencapai 2.302.543 yang difokuskan pada pelayanan dasar, dan 690.822 diantaranya diperuntukkan bagi fresh graduate.

“Dengan beberapa tempat yang memang membutuhkan fresh graduate yaitu totalnya 690.822 formasi yang diumumkan dan ditetapkan oleh bapak Presiden,” kata Azwar Anas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *