Xanana Gusmao Bertemu dengan Jokowi di Istana Bogor, Inilah Pembahasan Utamanya!

by -170 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (26/1/2024). Dalam pertemuan itu, Jokowi mengungkapkan hubungan antar kedua negara semakin erat.

“Ini merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan resmi pertama PM Xanana Gusmao sejak dilantik Juli lalu, ini menunjukan hubungan Timor Leste dan Indonesia semakin erat,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama.

Jokowi menjelaskan beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan. Pertama, kedua negara sepakat dalam penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara.

“Saya juga menyambut baik reaktifasi joint boundary commitee untuk pengelolaan perbatasan termasuk reaktivasi pos lintas batas,” kata Jokowi.

Kedua terkait peningkatan kerja sama ekonomi. Di mana Jokowi menyambut baik komitmen Timor Leste untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik bagi Indonesia.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengapresiasi kepercayaan Timor Leste pada perusahaan BUMN asal RI dalam berbagai proyek seperti pembangunan. Jalan di Oecusse serta perluasan Bandara Internasional Dili. Juga penandatanganan nota kesepahaman kerja sama teknologi.

“Kita juga mendorong kerja sama infrastruktur telekomunikasi termasuk rencana investasi fiber optik,” katanya.

Keempat, Jokowi juga mengatakan Indonesia berkomitmen mendukung keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN. Selain itu juga kedua kepala negara membahas isu yang terjadi di Myanmar.

“Di mana kedua negara sepakat untuk mendukung keketuaan Laos di ASEAN tahun ini dalam mendorong implementasi five PC (Point of Concensuss),” tuturnya