Penyebab Langkanya Minyak Dunia pada Tahun 2025

by -133 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Peringatan baru melanda pasar minyak dunia. Sumber energi ini diyakini bakal langka di 2025.

Dunia disebut telah gagal mengganti cadangan minyak mentah saat ini dengan cepat. Sekitar 97% minyak saat ini ditemukan pada abad ke-20 dan dunia kini hanya mengganti kurang dari 50% minyak mentah yang diproduksi selama dekade terakhir.

“Sekarang kita berada dalam situasi di mana dalam beberapa tahun kita akan kekurangan pasokan,” kata CEO Occidental Vicki Hollub, dikutip dari CNBC International Selasa (13/2/2024).

Untuk saat ini, pasar memang mengalami kelebihan pasokan. Sehingga harga minyak tetap rendah meski sedang terjadi konflik di Timur Tengah.

Amerika Serikat (AS), Brasil, Kanada, dan Guyana telah memproduksi minyak dengan volume tinggi. Padahal permintaan di tengah melemahnya perekonomian China.

Namun, Hollub menjelaskan prospek penawaran dan permintaan akan berubah pada akhir tahun 2025. Menurutnya, akan terjadi masalah pasokan jangka panjang.

“Pasar sedang tidak seimbang saat ini, tapi sekali lagi, ini adalah masalah permintaan jangka pendek,” tambah Hollub.

OPEC sendiri memperkirakan permintaan minyak global akan tumbuh sebesar 1,8 juta barel per hari pada tahun 2025 karena ekonomi China yang solid. Perkiraan tersebut menyiratkan defisit pasokan kecuali OPEC menghentikan pengurangan produksi saat ini dan meningkatkan produksinya sendiri.

Minyak berjangka West Texas Intermediate dan Brent pada akhir tahun 2023 turun lebih dari 10%. Ini karena rekor produksi di AS dan melemahnya ekonomi di China telah membebani harga.