Prabowo Terima Penganugerahan Jenderal Bintang 4 dari Presiden Jokowi

by -142 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima penghargaan bintang 4 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2).

“Penghargaan ini sebagai apresiasi dan pengakuan yang diberikan atas dedikasinya kepada rakyat, bangsa, dan negara. Saya ucapkan selamat kepada Jenderal Prabowo Subianto,” kata Jokowi.

Jokowi memberikan kenaikan pangkat istimewa kepada Prabowo sesuai dengan Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024.

Penganugerahan pangkat istimewa TNI untuk Prabowo sesuai dengan UU No. 20 tahun 2009. UU tersebut mengatur mengenai pengangkatan atau kenaikan pangkat istimewa.

Prabowo sebelumnya telah menerima empat tanda kehormatan bintang militer utama pada tahun 2022. Jokowi juga mengatakan bahwa Prabowo sudah menerima Bintang Yudha Dharma Utama atas kontribusinya di bidang pertahanan.

Penganugerahan pangkat istimewa seharusnya dilakukan dua tahun lalu mengacu pada tanda kehormatan bintang militer utama yang diterima Prabowo.

Pemberian anugerah juga telah melalui verifikasi Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan serta diusulkan oleh Panglima TNI sesuai dengan UU No 20 Tahun 2009.

Prabowo memiliki karier gemilang di bidang militer, pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus dan Pangkostrad. Prestasinya juga terlihat saat Operasi Mapenduma di tahun 1996 yang berhasil membebaskan sandera dari OPM.

Kontribusi Prabowo dalam mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung Everest pada tahun 1997 juga diakui. Meski dengan risiko hidup dan mati, bendera Merah Putih berhasil dikibarkan di puncak gunung tersebut.

Source link