Penerbangan di Dua Bandara Ini Ramai dengan Gelaran PON XXI

by -51 Views

Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang) telah siap untuk menyambut kedatangan wisatawan dan kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Kedua bandara tersebut merupakan salah satu pintu masuk utama penyelenggaraan PON XXI di Aceh dan Sumatra Utara pada 9-20 September 2024.

SVP Corporate Secretary PT Angkasa Pura II, Cin Asmoro, menyatakan bahwa rencana operasi telah dilakukan untuk memastikan kelancaran kedatangan seluruh kontingen melalui kedua bandara tersebut.

“AP II bersama seluruh stakeholder telah berkoordinasi untuk memastikan kelancaran kedatangan seluruh kontingen. Sejumlah kontingen juga telah mulai tiba di kedua bandara,” ungkap Cin Asmoro.

Executive General Manager Bandara Sultan Iskandar Muda, Andika Kusdwiyanka, memperkirakan bahwa jumlah penumpang pesawat dari dan menuju Aceh akan mengalami peningkatan sekitar 33% selama periode penyelenggaraan PON XXI.

Bandara Kualanamu juga diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah penumpang. PT Angkasa Pura Aviasi sebagai bagian dari PT Angkasa Pura II berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan akses informasi yang mudah di dalam area bandara selama PON XXI berlangsung.

AP II bersama stakeholder telah menyiapkan alur kedatangan bagi VIP dan kontingen atlet di kedua bandara tersebut. Proses kedatangan contingen atlet di bandara akan diasistensi oleh liaison officer, kemudian kontingen akan menuju ruang khusus untuk menunggu transportasi menuju hotel atau venue pertandingan. Kedatangan kontingen PON XXI di Bandara Sultan Iskandar Muda dan Bandara Kualanamu juga akan disambut dengan tarian daerah.

Prosedur pelayanan kepada kontingen atlet di kedua bandara, termasuk penerimaan di ruang tunggu dan penanganan bagasi, akan mengacu pada ketentuan yang ditetapkan oleh panitia yang ditunjuk oleh PB PON Pusat.