AS Mengecam Rencana Putin Menggunakan Senjata Nuklir untuk Perang

by -871 Views

Amerika Serikat (AS) mengomentari langkah Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengubah doktrin nuklir negara itu dalam tengah perang di Ukraina. Putin memasukkan klausul yang memungkinkan penggunaan senjata nuklir Rusia sebagai respons terhadap serangan yang dilakukan oleh negara non-nuklir, terutama jika negara tersebut didukung oleh negara-negara nuklir seperti Barat.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, menyebut langkah Putin ini tidak bertanggung jawab dan ia menegaskan bahwa pernyataan Putin tidak tepat waktu karena dunia tengah fokus pada pembicaraan mengenai pengurangan senjata nuklir. Kremlin memberikan penjelasan bahwa langkah Putin merupakan peringatan bagi negara-negara Barat atas dukungan mereka kepada Ukraina.

Putin sendiri belum memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kapan perubahan doktrin nuklir Rusia akan berlaku. Namun, sebelumnya Putin menyatakan bahwa ia berharap pertukaran senjata nuklir antara Rusia dan Barat tidak akan terjadi.

Referensi: https://cnbcindonesia.com/news/20240926130247-8-574812/video-perang-makin-ngeri-putin-perluas-aturan-penggunaan-nuklir