Erick Mengatakan Indonesia Pernah Jadi Raja Gula, Namun Kini Kalah dari 3 Negara Ini

by -170 Views

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mempertanyakan produksi gula Indonesia yang semakin menurun. Menurutnya, kebutuhan gula nasional sebesar 7 juta ton, namun produksi gula nasional hanya 2,24 juta ton. Hal ini terjadi akibat dampak El Nino.

Erick menyebutkan bahwa negara-negara lain seperti Brasil, India, dan Thailand memiliki produksi gula yang jauh lebih tinggi daripada Indonesia. Padahal, Indonesia sebelumnya pernah menjadi raja gula di dunia. Namun kini, Indonesia malah menjadi pengimpor terbesar atau mengalami kemunduran.

Erick menantang untuk mencapai swasembada gula di tahun 2030 melalui road map yang sudah disepakati bersama. Menurutnya, presiden telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2023 untuk meningkatkan produksi gula.

Erick juga menegaskan pentingnya bagi Indonesia untuk menjadi mandiri dan kuat dalam produksi gula agar tidak hanya menjadi pasar saja. Jadi, kesempatan untuk memperbaiki produksi gula Indonesia ada, namun harus dimanfaatkan sebaik mungkin.