Bos Badan Pangan Tiba-tiba Mencari Beras di India, Apa Sebabnya?

by -160 Views

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi melakukan kunjungan ke India untuk membujuk pemerintah India agar bersedia membuka kembali keran ekspor berasnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan di Indonesia.

Sebelumnya, India telah menutup keran ekspor beragam varian beras tahun ini, termasuk beras pecah dan beras non-basmati, untuk mengendalikan pasokan di dalam negeri dan menekan kenaikan harga beras. Kehal ini dilakukan di tengah kekhawatiran global atas hasil panen yang dipengaruhi oleh efek domino El Nino.

Arief juga berupaya untuk melobi India terkait pengadaan importasi daging kerbau sebanyak 150.000 ton. Kunjungan ini merupakan upaya Indonesia untuk memastikan ketersediaan pangan yang berasal dari sumber yang terbaik dan dengan harga yang kompetitif.

Kunjungan kerja tersebut dilakukan selama 17-21 Desember 2023. Selama kunjungan ke India, Arief akan mengunjungi Lulu Mall dan Meat Processing di Lucknow, Aurangabad, dan Mumbai untuk menyelesaikan beberapa agenda terkait kerja sama dalam penyediaan pangan dalam negeri.