Krisis Dunia 2024: Pertumbuhan Ekonomi 7% yang Tidak Masuk Akal

by -150 Views

Tim ahli ekonomi pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meyakini bahwa perekonomian global akan mengalami resesi pada tahun depan. Hal ini juga akan menyebabkan perekonomian global melambat di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Juru bicara dan tim ahli ekonomi Anies Baswedan, Thomas Lembong mengatakan bahwa perkiraan ini didasarkan pada keyakinan tim Anies-Muhaimin yang sejalan dengan konsensus para ekonom bahwa ekonomi dunia akan mengalami resesi pada tahun depan. Terdapat beberapa indikator yang menjadi dasar keyakinan tersebut.

Faktor pertama yang menjadi dasar keyakinan adanya resesi tahun depan menurut Lembong adalah tren suku bunga acuan bank sentral di negara-negara maju yang masih tinggi dan diperkirakan akan berlangsung lama akibat tekanan inflasi yang sulit turun. Selain itu, nilai tukar dolar juga menguat secara berkepanjangan dibandingkan dengan mata uang negara-negara lain.

Lembong juga mengatakan bahwa harga-harga komoditas akan tetap tinggi akibat masalah geopolitik, terutama harga energi yang sudah tinggi akibat perang Ukraina-Rusia, dan semakin memburuk akibat perang Palestina-Israel. Hal ini akan menimbulkan tekanan ekonomi awal pada masa pemerintahan pemenang Pilpres 2024.

Dengan demikian, Lembong mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga awal 2025 hanya akan mencapai maksimal 5%. Oleh karena itu, jika Anies-Muhaimin ingin mencapai target pertumbuhan ekonomi rata-rata 5,5%-6,5% hingga akhir masa pemerintahan, maka pertumbuhan ekonomi harus mencapai 7%-7,5% pada akhir masa pemerintahan.

Sementara itu, jika pertumbuhan ekonomi pasangan calon Ganjar Pranowo-Gibran Rakabuming Raka rata-rata 7% per tahun, Lembong menyatakan bahwa laju pertumbuhan ekonomi jika dimulai pada tahun 2025 akan berada di kisaran 5% hingga akhir masa pemerintahan pada tahun 2029 harus mencapai 9%.

Lembong menjelaskan bahwa angka-angka ini merupakan target yang realistis secara matematis dan arahan dari Anies-Muhaimin sangat jelas bahwa semua janji dalam visi-misi harus dapat dieksekusi dan diwujudkan dengan baik.

Referensi: [CNBC Indonesia](https://www.cnbcindonesia.com/news/20231030223856-4-328133/tim-ahli-anies-muhaimin-perekonomian-global-akan-alami-resesi)