AS Mengupdate Gaza dengan Penjualan Tank ke Israel

by -176 Views

Konflik berdarah antara milisi pejuang Palestina, Hamas, dengan Israel masih terus terjadi. Eskalasi semakin tajam setelah Israel melontarkan serangan yang bertubi-tubi ke wilayah Gaza.

Berikut perkembangan terbarunya sebagaimana dikutip dari berbagai sumber oleh CNBC Indonesia, Minggu (10/12/2023):

1. Biden jual tank ke Israel
Pemerintahan Presiden Joe Biden mengatakan pada Sabtu (9/12/2023) bahwa pihaknya telah menyetujui penjualan darurat hampir 14.000 buah amunisi dan tank senilai lebih dari US$106 juta ke Israel ketika Israel mengintensifkan operasi militernya di Jalur Gaza selatan. Langkah ini dilakukan ketika permintaan Presiden Joe Biden untuk paket bantuan senilai hampir US$106 miliar bagi Ukraina, Israel, dan keamanan nasional lainnya tertunda di Kongres, dan terjebak dalam perdebatan mengenai kebijakan imigrasi AS dan keamanan perbatasan.

2. Negara Teluk cap Israel ‘Kriminal’
Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Sabtu, negara-negara Komisi Kerjasama Teluk (GCC) mengatakan mereka kembali mengutuk pemboman Israel di Jalur Gaza, dan menganggap Israel bertanggung jawab secara hukum atas serangan yang sedang berlangsung yang menargetkan warga sipil tak berdosa dan mengakibatkan kematian ribuan warga sipil Gaza.

3. Netanyahu puji AS
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji AS karena memveto resolusi dewan keamanan PBB, yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza, tempat puluhan ribu warga Palestina dibunuh oleh pasukan Israel.

4. Menteri Utama Skotlandia kecam London
Menteri Pertama Skotlandia Humza Yousaf mengkritik pemerintah Inggris karena abstain dalam resolusi dewan keamanan PBB yang dipimpin Uni Emirat Arab (UEA) yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan pada hari Jumat.

5. Israel serang Lebanon
Juru Bicara Pasukan Pertahanan Israel, Daniel Hagari, mentweet pada hari Sabtu bahwa jet tempur Israel menyelesaikan serangan di wilayah Lebanon untuk menyerbu Hizbullah.

6. Houthi ancam Israel
Penguasa Yaman Houthi pada hari Sabtu mengancam akan menyerang kapal-kapal yang menuju pelabuhan Israel kecuali makanan dan obat-obatan diizinkan masuk ke Jalur Gaza yang terkepung.

7. Jumlah korban
Dikutip dari Al Jazeera, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan seorang remaja telah dibunuh oleh pasukan Israel di wilayah selatan Tepi Barat yang diduduki. Setidaknya 17.700 warga Palestina telah terbunuh di Gaza sejak 7 Oktober dan lebih dari 48.800 orang terluka. Adapun, di Israel, angka kematian resmi yang direvisi mencapai sekitar 1.147 orang.