Apakah Dewan Keamanan Memutuskan untuk Membatalkan Keanggotaan Palestina di PBB dengan Veto AS?

by -126 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Dewan Keamanan sedang mempertimbangkan upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB. Pemungutan suara diperkirakan akan dilakukan hari ini, Kamis (18/4/2024) atau Jumat. Beberapa negara anggota meminta pemungutan suara dilakukan pada Jumat meskipun sebelumnya dijadwalkan pada Kamis. Hingga Rabu malam, belum ada keputusan resmi terkait jadwal pemungutan suara.

“Duta Besar Slovenia untuk PBB, Samuel Zbogar, mengatakan situasinya masih belum pasti,” sambil menyebutkan bahwa pemungutan suara direncanakan pada Jumat pukul 3.00. Utusan Palestina, Riyad Mansour, yakin akan dilakukan pemungutan suara besok.

Palestina telah lama berusaha menjadi anggota penuh PBB, namun tentangan dari Amerika Serikat membuatnya sulit terwujud. Palestina merupakan pengamat di PBB sejak tahun 2012 dan telah melakukan lobi untuk mendapatkan status anggota penuh.

Proses permohonan keanggotaan PBB harus melalui persetujuan Dewan Keamanan dan Majelis Umum. Pada tahun 2011, Palestina mengajukan permohonan yang kembali dibuka setelah serangan Israel di Gaza akibat serangan Hamas.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya:
Akhirnya! AS Siap Dukung Resolusi PBB soal Gaza, tapi…

(luc/luc)