Jangan Tinggal di Tempat Ini! Pekerja Menggelar Demonstrasi dan Mogok Nasional

by -135 Views

Pada Kamis (30/11/2023), kalangan buruh di berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia melakukan mogok nasional. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan bahwa satu lokasi yang berpotensi lumpuh total adalah Kabupaten Bekasi sehingga akan berdampak pada lalu lintas.

Selain Kabupaten Bekasi, aksi mogok juga akan dilaksanakan di banyak kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Makassar, dan Banjarmasin. Dalam aksi tersebut, buruh menuntut kenaikan upah sebesar 15% dari gubernur di setiap provinsi. Mayoritas gubernur telah menerima rekomendasi dari bupati dan walikota setempat terkait besaran kenaikan UMK (Upah Minimum Kabupaten).

Said Iqbal mengungkapkan bahwa mogok nasional hari ini akan menjadi penentu bagi perjuangan kaum buruh. Aksi mogok nasional awalan akan melibatkan ratusan hingga jutaan buruh di seluruh Indonesia. Aksi mogok akan dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir setelah para gubernur memastikan kenaikan UMK tidak dirubah dari rekomendasi yang diajukan oleh bupati dan walikota di masing-masing daerah.

Sumber: CNBC Indonesia

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Buruh Minta UMP 2024 Naik 15%, Mimpi Digaji Rp 5,6 Juta

(wur/wur)